Senin, 08 Desember 2014

ringkasan materi email

Kelompok 4 : Dede
                       Jannah
                       Amin

Ringkasan Materi BAB 4
Kelas IX Semester 1


  A.   E-Mail (Electronik Mail)
Yaitu fasilitas komunikasi dalam internet untuk mengirim surat secara electronik yangh dapat menjangkau ke seluruh dunia.
Kelebihan
Kelemahan
Nyaman, tidak perlu ke kantor pos
Dapat terjadi salah kirim
Waktu pengiriman dan balasan sangat cepat
Rawan terjadi penyadapan apalagi yang bersifat dokumen rahasia
Biaya sangat murah bila dibandingkan dengan bicara melalui telepon atau mengirim surat
Seringkali terjadi pemalsuan identitas e-mail
Dapat menghemat berbagai sumber daya
Sering terjadi kebanjiran e-mail
Lebih aman
Sering menerima kiriman e-mail sampah (junk e-mail)
Area cakupan e-mail sangat global dan mendunia
Respon balasan lambat
1.     Macam-Macam E-mail
a.     E-mail/berbasis SMTP/POP
Adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP (simple mail transfer protocol/post office protocol), yaitu komputer server yang dapat mengirimkan e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya.
b.     E-mail/berbasis web
Pengguna tidak perlu memiliki akun POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakukan melalui web mail dengan menggunakan browser.
c.      E-mail forwading
E-mail ini bermanfaat bagi orang yang suka berganti-ganti alamat e-mail.
2.     Pengalamatan E-mail
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengirim surat pada elektronis mail adalah sbb :
a.     Terdaftar pada salah satu penyedia e-mail, misalnya ISP/Provider atau pada website tertentu yang menyediakan fasilitas e-mail.
b.     Alamat dan tujuan dari surat yang akan dikirim tersebut.
c.      Isi surat.
3.     Mailbox di Kantor Pos dan Mailbox E-mai
Mailbox adalah tempat menyimpan surat-surat penting pada folder atau direktori di kompyter masing-masing.
a.     Maibox E-mail/surel (logik)
Adalah kotak penyimpanan surat yang dapat diakses melalui jaringan internet.
b.     Mailbox di Kantor Pos
Adalah penyimpanan surat secara fisik. Mailbox secvara fisik di kantor pos terdiri atas 3 jenis sbb :
1.     Kotak surat, yaitu kotak yang berpasang didepan rumah.
2.     Bis surat, yaitu kotak yang berpasang dijalan-jalan tertentu.
3.     Kotak surat, yaitu kotak yang dipasang atau dipajang didepan kantor pos msing-masing.
 B.   Tata Cara Pembuatan dan Penggunaan E-mail
1.     Registrasi pada Web Mail
Langkah untuk melakukan registrasi adalah sbb :
a.     Aktifkan browser, misalnya mozilla firefox lalu ketik alamat website sesui keinginan anda, misalnya www.yahoo.com (dalam contoh ini ditampilkan registrasi E-mail yahoo fersi indonesia.
b.     Klik link daftar pada bagian yahoo mail.
c.      Setelah klik link masuk, akan muncul tampilan form registrasi dan anda siap untuk mengisi form tersebut.
2.     Masuk dan Keluar E-mail
Langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk masuk ke E-mail (sig in) yang telah anda buat dan keluar (sig out) dari e-mail antara lain sbb :
a.     Masuk ke halaman sig in yahoo! Indonesia. Ketik ID yahoo!dan sandi yang telah anda buat sebelumnya. Kemudian, tekan tombol masuk.
b.     Setelah anda berhasil masuk, anda akan menjumpai tampilan e-mail anda.
c.      Klik link keluar, jika anda ingin keluar (sig out) dari yahoo!mail.
3.     Mengirim E-mail
Beberpa poin penting yang perlu dipertimbangkan ketika menulis e-mail secara formal.
a.     Jangan mengirim surel dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar ( lebih dari 512kb).
b.     Jangan mengirim lanjur (forward) surel tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
c.      Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
d.     Gunakan kata-kata dengan santun.
e.     Jangan menggunakan huruf kapital.
Cara-cara mengirimkan sebuah e-mail :
a.     Mengirim e-mail standar
Adalah e-mail yang hanya berisi teks biasa tanpa adanya file lain untuk tambahan yang diikutsertakan. Langkah-langkah mengirim e-mail standar :
1.     Pastikan bahwa anda telah masuk (sig in).
2.     Klik tombol Tukis Surat di sisi kiri tampilan surat (yahoo mail).
3.     Tunggu beberapa saat hingga muncul kotak dialog untuk menulis surat.
a.     Kepada (To)
b.     Copy Carbon
c.      Subject
4.     Body Text
5.     Klik tombol kirim untuk melakukan proses pengiriman e-mail.
b.     Mengirim file attechment (lampiran file)
Langkah-langkah untuk mengirim e-mail dengan menyertakan file dokumen atau file sisipan :
1.     Pastikan file dokumen yang akan dikirimkan telah siap dan tersimpan dalam disk.
2.     Pastikan anda telah sig in dan klik compose (tulis).
3.     Klik tombol attach file (lampiran file).
4.     Tentukan nama file yang akan dikirim atau klik tombol browser untuk mencari file.
5.     Klik salahsatu file yang akan dikirimkan, kemudian klik open.
6.     Setelah file yang dimaksud masuk kedalam e-mail, kemudian klik tombol attach untuk mengirimkan file dokumen tersebut sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.
7.     Klik tombol kirim (send) untuk melakukan proses pengiriman e-mail tersebut.
4.     Membaca E-mail/surel
Langkah-langkah untuk membaca e-mail adalah :
a.     Pastikan anda telah masuk (sig in) pada e-mail masuk (inbox)
b.     Setelah muncul tampilan daftar e-mail yang masuk, pilih salah satu e-mail yang ingin dibaca dengan cara meng klik judul (topik) e-mail sehingga e-mail akan terbuka.
5.     Membuka E-mail/surel berupa Sisipan (File/Gambar)
Langkah-langkah untuk membuka e-mail adalah :
a.     Pastikan anda telah sig in pada kotak surat (inbox).
b.     Perhatikan opada kotak dialog folder disebelah kiri dari mail server dan klik e-mail masuk.
c.      Klik salah satu pilihan pada kotak dialog tersebut.
d.     Klik pilihan save this file to disk, kemudian klik tombol ok, dan di layar akan terlihat kotak dialog save as.
e.     Pada kotak dialog tersebut diatas, tentukan nama dokumen atau gambar.
6.     Membalas E-mail/surel
Langkah-langkah efektif untuk membalas e-mail :
a.     Klik tombol surat masuk (inbox).
b.     Klik judul e-mail (topic).
c.      Untuk membalas nya klik tombol balas surat hingga muncul area body text.
d.     Anda tidak perlu menulis alamat tujuan e-mail karena telah terisis secara otomatis.
e.     Setelah selesai menulis isi surat. Klik tombol kirim.

Terimakasih, semoga bermanfaat. AMIN 





















1 komentar: